Batas kemarahan goyah oleh anak balita

Si balita kadang mempunyai keinginan yang tidak terkontrol. Kalau tidak dituruti, dia mengandalkan menangis dan rewel. Dia sore itu kemarin (8/3/2011 rabu) berkali-kali mencoba minta untuk dibelikan es krim dan permen. Hari-hari sebelumnya sudah sering permintaannya aku turuti. Kali ini aku sudah tidak mau menuruti lagi. Sekali-sekali perlu diberi pelajaran bahwa tidak setiap keinginan menjadi kenyataan.

Pelajaran bahwa tidak setiap keinginan yang sama harus dituruti sepertinya bagus. Tapi saya tidak seharusnya terbawa emosi dan jengkel apa lagi cenderung marah, memunculkan perilaku keras. Tenang saja, kenapa tidak bisa?

Ya, sore itu tidak bisa. Dia kuat. Beberapa kali dia menawar berhasil saya alihkan. Tapi dia selalu ingat dan ingin naik motor drondon dan dibelikan es krim dan permen. Apalagi waktu itu dibumbui dengan kakaknya yang meri, sehingga si kakak menggoda-goda si adik.

Sekali lagi, kalau kamu tidak ingin menurutinya, kamu harus bilang apa adanya. Terangkan apa yang terjadi pada dirimu. Sehingga nanti dia juga akan bisa belajar dari kamu kalau nanti dia harus menolak kalau ada orang yang menginginkan sesuatu padanya.

Intinya, jangan sampai kamu menjadi tidak terkontrol, apalagi sampai jengkel. Ini karena tidak ada yang harus dijengkelkan terhadap seorang anak balita. Dia masih bereksplorasi. Dia suka bereksperimen kepada orang-orang di sekitarnya. Terhadap dirimu, dia bereksperimen untuk minta diajak jalan-jalan, dibelikan es krim, dibelikan permen. Tentu saja, terhadap orang lain, dia belum tentu berbuat demikian. Sehingga kamu berkewajiban untuk mengarahkan dia.

00512240063283
00512240063283

Posted on August 4, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: