Empat puluh hari lebih berlalu

Menghitung hari bisa untuk refleksi. Refleksi apa-apa yang telah kuperbuat. Empat puluh hari berlalu. Persentase ketenangan dan ketenteraman hati relative lebih tinggi dibanding selang empat puluh hari sebelumnya. Benarkah? Mungkin benar mungkin tidak. Yang jelas, ya usaha jalan terus.

Nasehat terakhir yang lumayan masuk adalah dari lupa siapa. Dari bacaan atau dari video juga lupa. Begini intinya. Kalau kamu ingin menjadi A, ada trik. Trik ini bisa menjadi salah satu jembatan untuk mencapai menjadi A. Trik itu adalah berpura-puralah untuk seakan-akan menjadi A. Misalnya, kalau ingin kaya, awali dengan berpura-pura seperti orang kaya. Kalau ingin rajin, berpura-puralah untuk rajin. Gampang ya?

Trik ini berguna untuk mengatasi perlawanan dari dalam diri. Di dalam diri, kata dia, ada anak kecil yang tidak suka repot. Sukanya status kuo. Untuk berubah dari status kuo, anak bayi ini senantiasa melawan. Dia senantiasa memberi argumen ke arah status kuo. Kalau kita pakai trik berpura-pura. Anak kecil tersebut tidak merasa tertakuti. Orang berpura-pura kok. Lihat saja anak yang sedang bermain. Mereka suka bermain peran, berpura-pura.

Untuk menjadi seorang researcher, Anda bisa menerapkan trik ini. Berpura-pura, seperti: berpura-pura rajin datang ke laboratorium, berpura-pura rajin bertanya, berpura-pura membaca jurnal dengan kritis, berpura-pura mencari ide-ide kreatif untuk riset, berpura-pura menemukan research questions. Nah, trik ini nanti, insya Allah, akan mudah dilakukan. Perlawanan nyaris tidak ada. Namun hasilnya, insya Allah, nyata. Tiba-tiba saja, nanti setelah kebiasaan berpura-pura menjadi seorang researcher tangguh. Insya Allah.

Posted on April 10, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: