Mengapa Sebelum Makan atau Minum Kita Harus Berdoa?

Sebelum makan atau minum kita harus berdoa. Kita minta agar makanan dan minuman yang kita makan atau minum mengandung berkat, berkah, atau barokah. Kita memohon kepada Tuhan akan memberkati makanan /minuman yang kita makan/minum.

Agar doa kita maksimal, saat berdoa jangan tergesa-gesa. Berdoa harus dengan penuh penghayatan dan sepenuh hati. Jangan berdoa setengah hati.

Antara yang kita makan minum dengan diri kita sebenarnya ada unsur-unsur kesamaan. Bahkan kalau kita meninjaunya dari sisi sub-atomik, kita dan makanan/minuman kita ternyata sama. Di dalamnya tersusun atas zarah-zarah yang berzikir. Zarah-zarah itu bergetar, bertasbih, berzikir. Ketika kita berdoa dengan khusyu’, itulah saatnya kita secara di balik kesadaran kita, kita berhubungan dengan zarah-zarah itu. Zarah-zarah yang ada di makanan /minuman, insya Allah karena mereka semua adalah ciptaan Tuhan, akan mengamini doa kita. Mereka mendengar dan mengamini doa yang dilakukan dengan penuh niat, sadar, dan ikhlas.

Itulah mengapa makanan yang kita makan dengan disertai doa akan berbeda dengan yang tanpa doa. Demikian juga dengan minuman.

Tapi yang di atas adalah alasan yang dibuat-buat. Alasan yang dibuat-buat untuk memuaskan dahaga akal. Alasan pokok yang seharusnya kita ajukan mengapa sebelum makan atau minum harus berdoa adalah “saya mendengar dan saya patuh”; adalah karena hal itu adalah perintah Kanjeng Rosul (yang juga merupakan perintah Tuhan), titik. Alasan pokok adalah alasan pengabdian atau kepatuhan kepada yang punya kita, kepada Tuhan.

Posted on April 2, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: