Perubahan

Perubahan, ubah, berubah, mengubah, diubah, ubah, aku sedang pikirkan sekarang.

Tataran terkecil yang bisa aku deteksi adalah lamunan, angan-angan kosong. Mimpi siang bolong. Hanya saja tingkatan ini adalah tingkatan yang cenderung tercela. Iya po?

Arah perubahan. Kalau arah perubahan adalah ke yang lebih baik, apa tidak boleh kita berangan-angan kosong? Melamun apa untungnya? Lebih baik ditingkatkan ke tataran yang lebih tinggi. Hentikan melamun ganti dengan berniat. Tapi sebelum sampai ke situ kamu mesti masuk filter dulu. Filter ini menanyakan apakah arah yang ingin dituju adalah memang benar seperti yang dikehendakiNya?

Kalau iya, oke, buat niat, komitmen, dengan diawali dengan menyebut namaNya.

Apa dengan niat sudah cukup? Belum, coba dilihat seberapa besar tantangan yang akan kamu hadapi. Tantangan ini terkait dengan seberapa kental kecenderungan lama yang telah mentradisi pada dirimu. Contoh kecil, kamu ingin berubah dari kebiasaan turun-temurun merokok untuk berhenti darinya. Semakin besar yang ingin diubah, semakin besar pula komitmen yang diperlukan.

Selanjutnya apa? Bertindak. Niyat berbuat baik tanpa tindakan sudah dipuji, tapi kalau dilanjutkan dengan bertindak akan bernilai plus. Plus di mata kita dan plus dihadapanNya. Kita jadi merasa normal, ada kesesuaian antara dengan yang dirasakan, diinginkan, dan dipikirkan dengan yang dilakukan. Kita jadi merasa orang yang konsisten, utuh.

Bertindak pun harus dengan bulat, tidak setengah hati. Utuh. All out.

Tahap selanjutnya biasanya mengunduh hasil. Apapun hasilnya sikap kita adalah menerima. Kita terima hasil, karena itu sudah menjadi bagian kita. Kalau misalnya hasil belum sesuai dengan yang kita harapkan, kita tetap menerima. Ungkapkan rasa syukur kepadaNya.

Posted on March 7, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: