Kekecewaan yang paling mendalam

Ketika harapan tidak terpenuhi, baik telah diusahakan secara maksimal maupun diusahakan ala kadarnya, kau dan umumnya orang akan kecewa. Semakin tinggi harapan, semakin tinggi rasa kecewa bila harapan itu tidak menjadi kenyataan. Kalau begitu, agar kau tidak kecewa, apa berarti tidak usah berharap? tidak usah bercita-cita? tidak usah berkeinginan?

Macam-macam harapan. Harapan dunia, harapan ingin memiliki, harapan ingin menjadi. Setinggi apapun harapanmu, semua itu amatlah kecil di hadapan Tuhanmu. Kalau tidak menjadi kenyataan, sedangkan kau sudah berusaha keras, itu artinya Tuhanmu tidak menghendaki kamu mendapatkan apa yang kau harapkan itu. Kalau begitu, mengapa kau kecewa?

Kalau tidak menjadi kenyataan, sedangkan kau telah mengusahakannya dengan ala kadarnya, itu artinya semuanya telah berjalan sesuai dengan sunatullah. Begitulah umumnya hukum dari Tuhanmu. Dalam kasus ini justru kamu malahan berkewajiban untuk minta ampun kepada Tuhanmu, mengapa kamu tidak memanfaatkan semua yang telah diberikan oleh Tuhanmu dengan seoptimal mungkin untuk mencapai harapanmu? Jadi tidak ada alasan bagimu untuk kecewa, apalagi kecewa dengan sangat mendalam. Perbanyaklah untuk minta ampun kepada Tuhanmu. Belajarlah yang banyak dari kasusmu, ubahlah sikapmu untuk tidak lagi menyia-nyiakan apa-apa yang sudah disediakan bagimu oleh Tuhanmu.

Mengapa orang memendam rasa kecewa yang sangat mendalam? sampai-sampai membekas dan menghantui sisa hidupnya? Bisa jadi, tingkat kepasrahan orang itu kepada Tuhannya lemah. Kalau keyakinan kepada Tuhannya kuat, tidak mungkin dia kecewa apalagi sangat mendalam. Dia akan tahu akan qadla dan qadar Tuhannya. Dia percaya penuh akan takdir Tuhannya.

Apakah dalam hal ini nanti terjadi dikotomi ekstrim pasrahiyah dan ekstrim pedeniah?

Posted on February 18, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: