Hampir Hari ke 30

Apakah kamu dulu sudah mempunyai rencana? Ataukah sekadar keinginan saja? Kamu ingin nanti liburan winter belajar Algoritma. Kamu sudah mengkopi hampir semua video lecture algoritma di harddisk eksternal. Tapi sampai hampir hari ke 30 liburanmu, kamu belum pernah membuka harddisk itu, mengapa?

Tradisi menunda-nunda sudah built-in sejak SD kelas 3 atau 4. Waktu itu bulan puasa, SD libur penuh sebulan lebih. Sebelum libur Bu Sudji AM atau bu Marsih lupa, sepertinya Bu Sudji, membagi-bagikan buku perpustakaan. Satu murid satu buku. Saya kebagian satu buku cerita. Saya ingat betul tokohnya, Lomi dan Dimu. Buku dipersilakan untuk dibawa pulang dan dibaca-baca selama liburan. Setelah masuk nanti, anak-anak diminta mengumpulkan resume dari cerita di buku tersebut. Apa yang kamu lakukan? Entah karena kesulitan atau apa, waktu liburan hampir usai, resume tersebut tidak kunjung usai. Setelah mepet-mepet jadwal masuk sekolah, kamu baru mengerjakannya, sehingga hasilnya tidak optimal.

Tradisi itu juga berulang ketika kamu menempuh S1. Yang seharusnya kamu selesai dalam 8 atau 9 semester, waktu kamu boros-boroskan dan ulur-ulur menjadi dua kali lipatnya. Demikian juga waktu kamu di S2. Harusnya dua tahun atau setengah selesai, kamu jadi empat tahun lebih.

Mengapa bisa demikian? Apakah dengan fakta sejarah di atas, memang saya harus menerima bahwa saya sudah terkenal suka menunda-nunda pekerjaan?

Tidak mungkinkah kebiasaan tidak baik ini diubah?

Apa saja yang harus saya lakukan supaya saya bisa berubah?

Mana yang lebih penting, orientasi hasil ataukah orientasi proses?

Mana yang harus difokuskan, hasil atau proses?

Perlukah kita resah / gelisah dengan hasil atas sesuatu yang baru/sedang kita usahakan?

Posted on February 15, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: