Knowing is nothing; applying what you know is every thing

Knowing is nothing; applying what you know is every thing. Baru saja aku mendengar kata-kata ini diucapkan oleh Pak Tung. Kalau dalam ungkapan Jawa, kalimat di atas mirip dengan ngelmu iku kelakone kanthi laku. Ngelmu sendiri kalau dalam kata Jawa adalah kependekan dari angele yen durung ketemu. Artinya, kalau belum ketemu memang sulit, tapi kalau sudah ketemu, ya kita hanya manggut-manggut dan bilang o, o, atau oooo.
Mengapa dalam hidup ini kita harus antusias? Tidak ada gunanya tidak antusias. Orang apapun yang kita pilih, matahari selalu rutin terbit dari timur setiap harinya, dan terbenam di sebelah Barat. Suasana hati apa pun yang kita pilih, kalau musim hujan, air akan tetap turun dari langit. Pakaian yang dijemur di halaman akan tetap kering setiap harinya. Orang-orang tetap suka minum air putih. Bapak Ibu Guru tetap rajin berangkat ke sekolah untuk mengajar murid-murid mereka. Setiap hari akan selalu ada saja bunga yang mekar dan mengeluarkan semerbak harumnya. 
Hati yang lega adalah pilihan. Juga pengalaman hidup. Ketika pernah mengalami hati yang kurang lega, syukurilah bahwa itu telah berlalu dan bahwa kamu telah mendapat pengalaman langsung akan suasana hati yang kurang lega. Dari pengalaman itu, kau akan dapat lebih menghayati betapa leganya hatimu kalau pas lagi dalam keadaan lega-leganya. Dan itu adalah pilihan. Keadaan hati yang kurang lega, biarkan itu sebagai kenangan untuk pembanding. Dan jadikan semua itu masa  lalumu. Sekarang, pilihlah hati yang lega.
Terbimbing adalah pilihan. Hati kita bisa memilih menerima bimbingan atau tidak. Pilihlah menerima bimbingan. Jalanmu bisa kau lalui kalau ada bimbingan. Tetapkan pembimbing yang paling kau yakini bisa membimbingmu. Dan peganglah keterbimbingan ini detik demi detik kau menapaki hidupmu.

Posted on February 10, 2010, in Health and wellness. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: